Home / FAQ

FAQ

Apa yang menjadi latar belakang kelahiran DUAANAK.COM?

Selama ini sulit menemukan berita program kependudukan dan keluarga berencana (KKB). Informasi atau berita KKB kalah populer dari isu-isu lain, bahkan oleh berita remeh-temeh yang hilir mudik di layar televisi atau koran dan media online. Pada saat yang sama, terdapat 11 persen pasangan usia subur (PUS) di Jawa Barat yang belum terlayani program KB. Mereka memiliki banyak keterbatasan akses. Salah satunya akses terhadap informasi. Nah, DUAANAK.COM hadir untuk mengisi celah itu, celah kekosongan informasi.

 

Berarti hanya memberitakan program KB?

Bila asumsinya KB adalah pelayanan kontrasepsi, tentu saja jawabannya tidak. Bagi kami, program KB yang kini bersanding dengan kependudukan merupakan sebuah alat (tools) untuk mewujudkan kehidupan manusia lebih baik. Coverage pemberitaan DUAANAK.COM sangat luas, seluas definisi kependudukan itu sendiri. Yakni, hal ihwal yang berkaitan dengan jumlah, struktur, pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas, dan kondisi kesejahteraan yang menyangkut politik, ekonomi, sosial budaya, agama serta lingkungan penduduk setempat.

 

Siapa yang mengelola website ini?

Inisiatif pembangunan portal berita KKB DUAANAK.COM datang dari para pegiat Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Jawa Barat. Ide sederhana tersebut kemudian dikonkretkan tim Litera Media: Integrated Media Services menjadi sebuah website seperti yang Anda lihat sekarang. Tentu saja, gagasan tersebut berhasil diwujudkan atas dukungan penuh Perwakilan BKKBN Jawa Barat. Boleh dibilang pengembangan DUAANAK.COM merupakan sebuah model kerjasama tripartit antara organisasi profesi, pemerintah, dan lembaga swasta. Semua punya peran penting di dalamnya.

 

Lalu, apa bedanya dengan website BKKBN?

Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut ada baiknya membuka website BKKBN, baik pusat maupun perwakilan Jawa Barat. Dari aspek kepemilikan dan pengelola tentu dapat dibedakan dengan jelas, bukan? Website BKKBN milik BKKBN, dikelola oleh BKKBN. Sementara DUAANAK.COM dikembangkan IPKB Jabar dan dikelola oleh tim khusus dari Litera Media. DUAANAK.COM adalah portal berita KKB, concern pada isu-isu kependudukan dan keluarga di Jawa Barat dengan sesekali mengambil tanah air. Rasionale atau asbabun nuzuul persalinan DUAANAK.COM bisa dibaca dalam Manifesto DUAANAK.COM dalam website ini. Isinya juga beda. Website BKKBN Jabar sangat gemuk karena menyimpan data, program, dan sebagian kecil berita. Sementara DUAANAK.COM melulu berita, dalam beragam bentuk tentunya. Di website ini Anda akan menemukan berita dalam bentuk berita langsung (straight news), laporan mendalam (indepth report), feature, foto berita, video, artikel opini, dan lain-lain.

 

Jadi corong BKKBN, dong?

Heheheh… Yang tepat adalah corong publik. Masyarakat berhak tahu informasi kependudukan dan KB. Kami berkhidmat untuk masa depan umat manusia. Bila kemudian beritanya memiliki banyak kesamaan, hal itu lebih disebabkan kesamaan visi itu sendiri.

 

Siapa saja yang boleh menulis di DUAANAK.COM?

Semuanya bisa. Website ini semacam warung ide untuk membangun bangsa. Dari Jawa Barat untuk tanah air dan masa depan kemanusiaan. Mereka yang ingin berbagi informasi, cukup mengirimkan materinya kepada pengelola melalui surat elektronik (email) dengan alamat duaanak@duaanak.com. Kami tunggu, ya.

 

Bagaimana hubungan DUAANAK.COM dengan Majalah Warta Kencana?

Hubungannya keluarga. Keduanya lahir dari rahim yang sama, IPKB Jawa Barat. Website juga menjadi semacam dokumentasi virtual majalah Warta Kencana. Anda bisa membaca majalah Warta Kencana melalui website ini. Klik dan baca. Semuanya gratis. Hehehe…

 

Bila tak membuka website, bagaimana cara mengikuti perkembangan berita DUAANAK.COM?

Tersedia lebih dari lima cara menikmati sajian hangat DUAANAK.COM. Ikuti saja melalui Facebook (www.facebook.com/warta.kencana), follow Twitter kami @Dua_Anak, Instagram kami duaanak, Tumblr (duaanak.tumblr.com), Youtube dengan profil Warta Kencana, atau situs berbagai foto Flicker. Kalau tidak ada yang bisa iikuti semuanya, barangkali Anda memang tidak butuh informasi KKB. Lebih baik duduk manis menonton sinetron stripping atau berbincang dengan Vicky Prasetyo tentang kontroversi hati. Hehehe… just kidding!

 

Ada lagi?

Yang pasti, cara terbaik mengenali DUAANAK.COM adalah dengan cara membacanya. Semua pertanyaan akan terjawab dengan sendirinya. Selamat membaca!

Scroll To Top