Home / Berita Daerah / Ternyata, KBB Cuma Punya 31 PLKB

Ternyata, KBB Cuma Punya 31 PLKB

Dua PLKB menjelaskan metode kontrasepsi pria. (DOK. DUAANAK.COM)

Dua PLKB menjelaskan metode kontrasepsi pria. (DOK. DUAANAK.COM)

NGAMPRAH – DUAANAK.COM

Sampai 2014 ini, ternyata Kabupaten Bandung Barat (KBB) hanya memiliki 31 petugas lapangan keluarga berencana (PLKB). Padahal, daerah seluas 1.305,77 kilometer persegi tersebut memiliki 165 desa yang tersebar di 16 kecamatan. Untuk menjalankan tugasnya, ke-31 PLKB tersebut dibantu 80 tenaga penggerak desa (TPD).

Kepala Sub Bidang Keluarga Berencana Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) KBB Aam Latifah mengatakan, idealnya setiap desa memiliki satu PLKB atau TPD. Dengan begitu, pihaknya masih membutuhkan 54 petugas baru untuk menggerakkan masyarakat di seluruh desa.

“Ada yang dua desa sekaligus oleh satu orang penyuluh. Bahkan di Sindangkerta, (Kepala) Subdin turun langsung,” ujarnya seperti dikutip Pasundan Ekspres.

Sementara Kepala Bidang Advokasi dan KIE BP3AKB KBB Ujan Teddy mengatakan, untuk memberikan semangat, motivasi, dan pemicu kepada PLKB atau TPD di setiap desa, setiap tahun pihaknya memberikan reward kepada mereka yang bisa memenuhi perkiraan permintaan masyarakat (PPM). Reward biasanya diberikan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat KBB.

“Setiap tahunnya kita kasih reward bagi setiap desa yang capai PPM. Itu untuk motivasi aja, supaya mereka lebih bersemangat,” kata Ujang

Lebih lanjut Ujang menambahka, pihaknya juga terus mengoptimalkan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) untuk penguatan lini lapangan seperti melalui radio komunitas (Rakom), media cetak, Paguyuban KB Pria, Pos KB, Sub Pos KB, TPD, UPT KB, dan PLKB. “Otimalisasi KIE selalu dilakukan. Mereka (para PLKB) dekat dengan sasaran,” pungkasnya. (ASEP/PASUNDAN EKSPRES)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top