Home / Berita Daerah / Peringati HAN, Berbagi dengan Anak Yatim

Peringati HAN, Berbagi dengan Anak Yatim

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra didampingi istri dan disaksikan Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon HM Sofyan memberikan bingkisan kepada anak yatim. (AKIM GARIS/IPKB KAB. CIREBON)

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra didampingi istri dan disaksikan Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon HM Sofyan memberikan bingkisan kepada anak yatim. (AKIM GARIS/IPKB KAB. CIREBON)

SUMBER-DUAANAK.COM

Menyambut Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2014 Tingkat Kabupaten Cirebon di halaman kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra didampingi Kepala BPPKB HM Sofyan berbagi dengan ratusan anak yatim awal Juli lalu. Selain berbuka puasa bersama, Sunjaya  juga memberikan santunan kepada mereka.

“Anak akan tumbuh dengan baik, jika  lingkungan masyarakat kondusif. Lingkungan masyarakat kondusif jika lingkungan keluarga juga kondusif. Cinta kasih, keramahan, dan keperdulian itu harus dimulai dari kehidupan keluarga yang harmonis,” kata Sunjaya ketika memberikan sambutan pada acara tersebut.

Menurut Sunjaya, selaku orang tua sekaligus bupati Cirebon, dia senantiasa berdoa ke hadirat Allah swt, semoga anak-anak Kabupaten Cirebon tumbuh menjadi anak-anak yang saleh, berakhlak mulia, cerdas dan ceria, serta memiliki masa depan yang baik dan cerah. Kelak, di tangan anak-anak inilah terletak masa depan bangsa dan negara kita. Karena mereka adalah pewaris negeri, dan penentu maju mundurnya negara dan bangsa kita di masa yang akan datang.

“Anak adalah aset bangsa masa depan sekali gus generasi penerus yang secara estafet akan menggantikan generasi sekarang. Mereka adalah calon para pemimpin bangsa yang perlu mendapat perhatian serius,”  ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon  HM Sofyan dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan HAN diikuti 300 peserta dari unsur BPPKB, Kepala OPD, Lembaga Perlindungan Anak (LPA), Forum Anak Daerah (FAD) serta undangan anak-anak se-Kabupaten Cirebon.

“Tujuan yang ingin dicapai adalah menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas, untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak. Di samping itu, dapat  memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak Indonesia dan masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Opang tersebut.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Sunjaya mengajak kepada seluruh masyarakat  Kabupaten Cirebon untuk menumbuhkan keunggulan anak-anak kita dengan asah, asih, dan asuh, agar mereka tumbuh menjadi insan cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun, dan berakhlak mulia. “Mari kita berikan gizi yang cukup dan seimbang, agar fisiknya tumbuh  sehat dan kuat serta memiliki mental yang tangguh,” ajak Sunjaya.

Dia juga mengajak kepada para orang tua yang ada di Kabupaten Cirebon  untuk dapat lebih memperhatikan anak-anak, untuk dapat lebih berhati-hati lagi di dalam mendidik dan merawatnya, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, yang pada akhirnya dapat mencintai bangsa dan negerinya.

“Kita didik mereka supaya mencintai tanah airnya, menghormati guru dan pemimpinnya, serta sayang pada orang tua dan lingkungannya. Berikan pula pencerahan dan keteladanan terbaik kepada anak-anak kita, agar dapat hidup rukun, sayang kepada sesama dan kepada teman-temannya.”

Direktur Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Cirebon Hendry Hidayat berharap adanya kerja sama yang baik antara Pemda, OPD terkait dan LPA dalam perlindungan anak di Kabupaten Cirebon. “Sehingga Kabupaten Cirebon menjadi kabupaten layak anak menuju baldatun toyibatun warobbun ghofur,” kata Hendry, singkat. (AKIM GARISIKPB KABUPATEN CIREBON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top