Home / Berita Daerah / Fasli Jalal Ingatkan Pentingnya 1.000 Hari Pertama Bagi Anak

Fasli Jalal Ingatkan Pentingnya 1.000 Hari Pertama Bagi Anak

Kepala BKKBN Fasli Jalal berbincang dengan seorang remaja. (DOK. BKKBN JABAR)

Kepala BKKBN Fasli Jalal berbincang dengan seorang remaja. (DOK. BKKBN JABAR)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Seribu hari pertama merupakan fase penting bagi anak, terlebih jika orang tuanya bisa memenuhi gizi sang anak. Bahkan, sang anak bisa menjadi pribadi yang siap bersaing dikemudian hari.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal dalam seminar nasional bertajuk “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, dan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Bagi Pendidikan Anak Usia Dini” di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Sabtu 8 Maret 2014. Guru besar ilmu gizi ini menjelaskan, gizi lengkap pada 1.000 hari pertama kehidupan anak bermanfaat dalam mengoptimalkan perkembangan otak.

“Bukan hanya itu, memenuhi gizi anak juga berdampak bagi pertumbuhan masa tubuh dan komposisi badan, dan jangka panjangnya kekebalan kapasitas kerja,” papar Fasli seperti dikutip fokusjabar.com.

Sebaliknya, jika anak terkena penyakit pada 1.000 hari pertama kehidupan, maka pertumbuhan anak akan terhambat.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Siti Fathonah menuturkan, pihaknya menganggarkan Rp 16,5 miliar bagi program Bina Keluarga Balita (BKB) di Jabar. Duit tersebut digunakan untuk 218 kegiatan BKB paripurna dan 800 kegiatan BKB dasar.

Dia menjelaskan bahwa anggaran tahun ini lima kali lebih besar dari anggaran sebelumnya. Menurutnya, anggaran dalam jumlah besar tersebut membuktikan bahwa perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap tumbuh kembang anak sangat besar. (fokusjabar.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top