Home / Berita Daerah / Bupati Bandung Barat Raih Anugrah Parahita Ekapraya

Bupati Bandung Barat Raih Anugrah Parahita Ekapraya

Bupati Abubakar menerima penghargaan  APE dan program terpadu P2WKSS, 22 Desember 2014.(HENI SUHAENI/IPKB KBB/PELITA)

Bupati Abubakar menerima penghargaan APE dan program terpadu P2WKSS, 22 Desember 2014.(HENI SUHAENI/IPKB KBB/PELITA)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Bupati Bandung Barat Abubakar meraih Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Pratama dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Penganugerahan dilakukan pada puncak peringatan Hari Ibu tingkat Provinsi Jawa Barat di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin 22 Desember 2014. Sebelumnya, APE tersebut diberikan Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Yohana Yembise di Jakarta beberapa waktu lalu.

Abubakar menyatakan APE tersebut merupakan keberhasilan seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi berbagai permasalahan  kesetaraan gender. “Kebersamaan inilah yang harus kita pelihara dan ditingkatkan. Bahkan ke depan harus dikembangkan lagi karena masih ada berbagai program pemerintah untuk pemberdayaan gender ini,” ujarnya.

Ia juga menyatakan posisi laki-laki dan perempuan memiliki derajat yang sama serta memiliki hak dan kewajiban yang sejajar dalam mengisi pembangunan. Ia mengakui bahwa perempuan merupakan pelopor tercapainya berbagai prestasi. Untuk itu, Pemkab Bandung Barat akan terus mengupayakan program-program yang dipelopori perempuan.

Salah satunya, sambung Abubakar, adalah program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Mulai 2015, P2WKSS akan dikembangkan dari sebelumnya hanya satu desa setiap tahun menjadi 16 desa. Hal itu diharapkan berimplikasi pada peningkatan kemampuan dan keterampilan masyarakat sehingga angka kemiskinan akan terus berkurang dengan sendirinya.

Ketua Tim Penggerak PKK KBB Elin Suharliah Abubakar menyatakan, untuk suksesnya program pemerintah tersebut pihaknya senantiasa melakukan pembinaan kepada para kader PKK dan Posyandu. “Program P2WKSS kita untuk tahun ini sudah bisa mendapatkan penghargaan di tingkat Jawa Barat. Untuk tahun depan diharapkan bisa menjadi wakil Jawa Barat untuk mengikuti lomba dan menerima penghargan P2WKSS tingkat nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, selain memperoleh penghargaan APE, KBB juga meraih penghargaan lainnya dari gubernur, yakni penghargaan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan, Pendampingan Perempuan Kepala Keluarga (Peka) Terbaik, Pos Yandu Terbaik dan Kader Pos Yandu Terbaik.

Kepala Badan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) KBB Asep Ilyas didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Nurjulaeha mengatakan, target ke depan di bidang pemberdayaan perempuan ini ada peningkatan dalam meraih prestasi tingkat nasional. Jika dalam kesempatan kali ini baru meraih APE tingkat Pratama, maka ke depan dia berharap meningkat menjadi Madya. “Namun ada tujuh prasyarat yang harus kita penuhi untuk bisa meraih APE tingkat Madya. Inilah yang akan kita genjot sejak tahun depan,”  paparnya. (HENI SUHAENI/IPKB KBB/PELITA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top