Home / Berita Daerah / BPPKB Kabupaten Bekasi Klaim Memiliki Kinerja Baik

BPPKB Kabupaten Bekasi Klaim Memiliki Kinerja Baik

Suasana kemeriahaan Gebyar Pelayanan KB Kabupaten Bekasi di Cipanas, Garut. (ACHMAD SYAFARIEL/IPKB KAB. BEKASI)

Suasana kemeriahaan Gebyar Pelayanan KB Kabupaten Bekasi di Cipanas, Garut. (ACHMAD SYAFARIEL/IPKB KAB. BEKASI)

GARUT – DUAANAK.COM

Sejak terbentuk pada awal 2009 lalu, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bekasi telah menunjukkan kinerja yang baik. Di antaranya dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam program kependudukan, keluarga berencana, dan pemberdayaan perempuan (KKBPK). Keberhasilan ini diharapkan mampu menekan laju pertumbuhan penduduk (LPP) di Kabupaten Bekasi. Menurutnya, pesatnya LPP memicu kepadatan penduduk sehingga kelak akan menjadi penghalang kelanjutan pembangunan pada masa akan datang.

Klaim tersebut datang dari Kepala BPPKB Kabupaten Bekasi Encep Supriatin Jaya saat berlangnya Pekan Gebyar Pelayanan KB Tingkat Kabupaten Bekasi di Hotel Banyu Alam Resort, Cipanas, Kabupaten Garut, pekan lalu.  Gebyar ini diisi dengan mengadakan berbagai lomba bagi Pos KB se-Kabupaten Bekasi.

“Hasil pendataan keluarga pada 2013 lalu menunjukan adanya kesadaran tinggi dari masyarakat, khususnya pasangan usia subur (PUS) untuk mengikuti dan menysukseskan program KB. Hal ini terlihat dari jumlah peserta program KB sebanyak 513.860 atau 70,23 persen dari total 731.711 PUS. Tingginya kesertaan ber-KB ini berdampak jelas sangat besar terhadap pengendalian LPP alami. Keberhasilan ini patut memperoleh apresiasi dari semua pihak, khususnya saya peribadi,” ucap Encep bangga.

Lebih jauh Encep mengatakan, kegiatan Gebyar Pelayanan KB bertujuan mendukung percepatan pencapaian perwujudan keluarga kecil bahagia dan sejahtera, serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB, terutama metode kontrasepsi jangka panjang (KMJP) dan kesehatan reproduksi. Konkretnya adalah meningkatkan jumlah peserta KB baru dan menjaga kelangsungan peserta aktif KB di Kabupaten Bekasi.(FARIEL/IPKB KAB. BEKASI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top