Home / Berita Daerah / BP3KB KBB Kini Punya Pusat Data Online

BP3KB KBB Kini Punya Pusat Data Online

Tampilan website resmi BP3AKB KBB yang bisa diakses pada URL ww.bp3akb.net

Tampilan website resmi BP3AKB KBB yang bisa diakses pada URL ww.bp3akb.net

NGAMPRAH – DUAANAK.COM

Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini memiliki website yang bisa mengakses data Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) di daerah setempat. Website tersebut secara resmi dibuka Kepala BP3AKB KBB Asep Ilyas pertengahan Januari lalu di ruang rapat BP3AKB KBB disaksikan sejumlah perwakilan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) KB se-KBB.

Menurut Kepala BP3AKB KBB Asep Ilyas, sebelumnya data KKB tersebut dilakukan secara manual hanya untuk kebutuhan internal BP3AKB sebagai laporan kepada BKKBN. Mulai tahun 2013, data yang ada di BP3AKB tersebut dijadikan pusat data untuk kepentingan program Pemkab Bandung Barat, yakni Program Kartu Cermat, kependekan dari cerdas, rasional, maju, agamis, dan sehat.

Kartu Cermat merupakan program yang dijanjikan pasangan Abubakar dan Yayat T Soemitra sebelum mereka terpilih menjadi pasangan bupati dan wakil bupati. Kartu Cermat ini adalah kartu serbaguna yang dapat dipergunakan warga KBB untuk memperoleh layanan kesehatan gratis, sekolah gratis 12 tahun dari SD hingga SMA, serta pelatihan keterampilan tenaga kerja.

“Pendataan yang kita lakukan pertamanya untuk penataan pengendalian program KB untuk dilaporkan ke BKKBN. Ternyata kita mendapat kepercayaan data kita  dijadikan pusat data Kartu Cermat,” ujarnya.

Terkait website tersebut sambung Asep, bisa dengan mudah diakses melalui bp3kab.bandungbaratkab.go.id. Dalam website tersebut berisikan data keluarga bagi masyarakat KBB seperti, data demografi, KB, tahapan keluarga dan data individu serta di dalamnya termasuk kegiatan BP3AKB KBB secara menyeluruh. Ia berharap dengan dibukanya website tersebut, semakin meningkatkan koordinasi dengan SKPD lainnya. Terutama koordinasi yang menyangkut akselarasi  program.

Kepala Bidang Advokasi dan Informasi BP3AKB KBB Evi Saefiyani menambahkan, pemuktahiran data, terutama data kemiskinan, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Puat Statistik (BPS). “Sebenarnya untuk pendataan yang kemarin-kemarin pun kita tak lepas koordinasi dengan BPS,” terangnya.

Terkait dengan website, Evi mengatakan, untuk sementara waktu bisa diakses ke bp3akb.net karena bp3akb.bandungbaratkab.go.id saat ini masih mengalami kendala teknis. Ia juga menambahkan siapapun bisa menjadi member website tersebut dengan mengisi kolom yang tersedia melalui email masing-masing.

Saat launching website tersebut, BP3AKB menyerahkan sejumlah penghargaan bagi juara Pemuktahiran Data Keluarga (MDK) dari 16 kecamatan.(HEN SUHAENI/IPKB KBB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top