Home / Berita Daerah / Ayah Jawa Barat Ditantang Bikin Kata Mutiara untuk Anak

Ayah Jawa Barat Ditantang Bikin Kata Mutiara untuk Anak

Lomba Kata Mutiara untuk Anak bagi para ayah Jawa Barat. (TWITTER.COM)

Lomba Kata Mutiara untuk Anak bagi para ayah Jawa Barat. (TWITTER.COM)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Ada tantangan spesial dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat untuk para ayah di seantero Jabar. Adu panco atau tinju? Tentu saja bukan. Bertepatan dengan peringatan ke-106 Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, P2TP2A Jabar menantang para ayah menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya kepada anak masing-masing lewat seuntai kata mutiara. Menarik, bukan?

Nah, lomba ini satu paket dengan lomba foto wefie, bukan selfie lho… keluarga. Keduanya menjadi bagian dari Gerakan 20 Menit Orang Tua Mendampingi Anak yang dicanangkan di halaman Gedung Sate, pagi ini, 20 Mei 2014. Bagaimana caranya? Ketua P2TP2A Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan mengumumkan dua lomba ini melalui kulwit alias kuliah twit dalam akun microblogging miliknya @netty_heryawan tadi malam.

apa kabar tweeps, sudah pada tau kan program “20 Menit Mendampingi Anak?” #DampingiAnak,” Netty memulai cuitannya. Dia lantas melanjutkan dalam twit berikutnya, “sehubungan dengan itu, saya mau adain Lomba foto WeFie nih, foto sekeluarga saat dilaksanakannya gerakan 20 Menit #DampingiAnak.

pelaksanaan gerakann 20 Menit #DampingiAnak adalah pada HarKitNas 20 Mei 2014, 18.30 – 18.50 wib,” cuit selanjutnya. Dia lantas mengunggah pariwara lomba yang dimaksudkannya itu. Di sana tertera cara-cara mengikuti lomba dan hadiah yang disediakan untuk para pemenang. Loma foto wefie keluarga dimulai hari ini, 20 Mei 2014, pukul 19.00 WIB sampai besoknya, 21 Mei 2014, pukul 09.00 WIB.

Netty beralasan pemilihan waktu tersebut agar tidak berbenturan dengan Gerakan 20 Menit Orang Tua Mendampingi Anak yang dilaksanakan serentak pukul 18.30-18.50 malam nanti, Selasa 20 Mei 2014. Dlam 20 menit ini orangtua bisa melakukan hal sederhana tapi bermakna. Misalnya dengan cara makan bersama anak, mengaji bersama, menemani anak belajar, hingga mendengarkan cerita anaknya.

Loma foto wefie keluarga Jawa Barat. (TWITTER.COM)

Loma foto wefie keluarga Jawa Barat. (TWITTER.COM)

Syarat lainnya, Netty melanjutkan, foto di-tweetpic ke @netty_heryawan. Kemudian beri penjelasan mengenai apa yang dilakukan. Jangan lupa sertakan tagar (hastag) #DampingiAnak. Netty menyediakan buku dan 30 paket souvenir menarik untuk 30 foto terbaik.

Dan, inilah tantangan untuk para bapak itu. Bila kasih sayang keluarga dituangkan dalam bentuk foto. Khusus para ayah mendapat tantangan khusus: buat kata mutiara. Seperti lomba foto, lomba kata mutiara juga dimulai pada 20 Mei 2014, pukul 19.00 WIB sampai besoknya, 21 Mei 2014, pukul 09.00 WIB. Hadiahnya juga sama: 30 souvenir dan buku keren.

Bedanya, lomba bikin kata mutiara dari ayah untuk anak ini harus menyertakan mention kepada akun @aheryawan milik Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Sementara tagarnya sama, #DampingiAnak. Gampang, kan?

Sebelumnya, saat menyosialisasi gerakan ini di Bale Asri Pusdai pada 16 Mei 2014 lalu, Netty memberi catatan khusus pada peran ayah dalam pengasuhan anak. Mengutip data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Netty menyebutkan, mayoritas persen terpidana mati adalah mereka yang tidak pernah mengenal sosok ayahnya. Pun dengan jumlah koruptor yang didominasi sosok-sosok mereka yang tidak mendapat kasih sayang utuh dari sang ayah.

Di sisi lain, terdapat para ayah yang tega menjadi pelaku kekerasan seksual terhadap anak kandung mereka. Tak terhitung jumlah pelaku kekerasan nonseksual kepada anak-anak mereka. Fakta-fakta mengerikan itulah yang kemudian mengilhami Netty menggulirkan lomba sederhana bertepatan dengan Harkitnas tahun ini, lomba pembuatan kata mutiara dari ayah untuk anak. Para ayah, siap-siap ya nanti malam sampai besok pagi menjadi pujangga di rumah sendiri. (LMA/ZDN/NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top