Home / Berita Utama / Wah, Ada Ratusan Pinguin di Harganas Jabar

Wah, Ada Ratusan Pinguin di Harganas Jabar

Ratusan remaja memeragakan senam "Pinguin Genre Emas" pada peringatan Harganas XXII di Cibinong, Kabupaten Bogor. (NAJIP HENDRA SP/DUAANAK.COM)

Ratusan remaja memeragakan senam “Pinguin Genre Emas” pada peringatan Harganas XXII di Cibinong, Kabupaten Bogor. (NAJIP HENDRA SP/DUAANAK.COM)

BOGOR – DUAANAK.COM

Ada yang tidak biasa saat berlangsungnya puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII tahun 2015 di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 8 Juni 2015 kemarin. Selain dihadiri ribuan tamu dan masyarakat Bogor, ternyata ratusan pinguin ikut menyemarakan acara tahunan milik keluarga Indonesia tersebut.

Pinguin? Ah yang benar saja? Heheh.. Tentu saja bukan pinguin betulan. Pinguin nonkutub tersebut tak lain berupa senam “Pinguin Genre Emas” yang diperagakan ratusan anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIKR/M) se-Kabupaten Bogor plus para Duta Mahasiswa se-Jawa Barat.

Bak pinguin sungguhan, ratusan remaja ini bergerak patah-patah disertai beberapa kali gerakan melompat dan maju-mundur cantik layaknya pinguin. Aksi menggemaskan ini makin renyah dengan iringan irama ritmik berisi lirik Pernikahan Dini yang sempat dipopulerkan tayanan sinetron remaja beberapa waktu lalu. Lagu ini kemudian diadopsi sebagai materi kampanye pendewasaan usia perkawinan (PUP) melalui program Generasi Berencana (Genre) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Lagu ini pula yang hilir-mudik di sejumlah televisi swasta beberapa waktu lalu.

Aksi menggemaskan ala Penguin the Madagascar ini menjadi bagian dari pertunjukkan spektakuler pada perhelatan akbar Harganas XXII tingkat Jawa Barat yang berdekatan dengan Hari Jadi ke-533 Kabupaten Bogor. Buah kreativitas remaja Jawa Barat ini pun sekses mengundang aplause segenap undangan dan masyarakat yang memenuhi lapangan di area perkantoran Pemerintah Kabupaten Bogor tersebut.

Tampak hadir Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Bupati Bogor Nurhayati, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan, Sekretaris Utama BKKBN Ambar Rahayu, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso, Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Wendy Hartanto, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Sugilar, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Jawa Barat, dan sebagian besar pengelola program KKBPK se-Jawa Barat.

“Senam Pinguin Emas ini merupakan prakarsa para remaja Jawa Barat yang tergabung dalam PIKR maupun (PIK) Mahasiswa. Kami BKKBN hanya memfasilitasi. Sesuai filosofi program Genre, memang kegiatan remaja itu datang dari oleh dan untuk remaja. Mereka yang lebih memahami dunia remaja,” kata Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN Jawa Barat Linda Herliany saat berbincang di sela peringatan Harganas XXII sambil menikmati ice cream. Hmm.. yummy.. (*)