Home / Berita Utama / Pil KB Pria Mulai Dipasarkan Tahun 2016

Pil KB Pria Mulai Dipasarkan Tahun 2016

Pil KB Kombinasi untuk perempuan. Ke depan bakal dipasarkan pil KB bagi pria. (DOK. DUAANAK.COM)

Pil KB Kombinasi untuk perempuan. Ke depan bakal dipasarkan pil KB bagi pria. (DOK. DUAANAK.COM)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Setelah melalui serangkaian penelitian dan uji klini lebih kurang 30 tahun, obat kontrasepsi bagi pria dalam bentuk pil bakal segera dirilis. Bila tak ada aral melintang, pil KB pria ini siap dipasarkan pada 2016 mendatang.

Pil KB pria yang diklaim 99 persen efektif, dengan sedikit efek samping. Pil yang dibuat dari tanaman herbal Gandarusa yang tumbuh di Papua ini memungkinkan pria untuk memproduksi sperma tanpa khawatir akan menghamili pasangannya.

Okezone mengutip dari DailyMail melaporkan, pil dibuat dari tanaman gandarussa yang telah lama digunakan oleh suku di Papua untuk mencegah istri mereka hamil. Profesor Bambang Prajogo dari Universitas Airlangga mengembangkan pil setelah mendengar desas-desus dari efek ini dan membawa tanaman gandarussa ke laboratorium untuk diteliti pada 1985.

Ia telah melakukan 30 tahun penelitian, mengisolasi bahan aktif, memasukkannya ke dalam bentuk tablet, dan melaksanakan uji klinis untuk membuktikan efek kontrasepsi. Bahan aktif tanaman tersebut terbukti dapat mengganggu tiga enzim kunci dalam sperma dan membuat mereka tidak dapat menembus telur selama proses pembuahan.

Kuantitas atau kualitas sperma yang dihasilkan tidak akan terganggu karena ini hanya menargetkan enzim. Prajogo saat ini masih mengukur dosis pil agar efektif digunakan satu jam sebelum berhubungan seks. Uji klinis yang mempelajari 350 laki-laki, ditemukan 99 persen efektif melemahkan sperma. Mereka juga menemukan bahwa kesuburan pria dapat kembali normal dalam waktu satu bulan setelah meminum pil. Namun, beberapa orang mengalami pertambahan berat badan setelah meminum pil.

Tumbuhan gandarusa di Papua, bahan yang dijadikan pil KB pria. (HOUGANGPRIMARY.INFO)

Tumbuhan gandarusa di Papua, bahan yang dijadikan pil KB pria. (HOUGANGPRIMARY.INFO)

Tapi, secara keseluruhan, para peneliti tidak menemukan efek samping yang jelas, dan pastinya tidak ada efek obat seperti yang dialami perempuan saat menggunakan pil kontrasepsi berbasis hormon, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung, stroke, mual, dan pendarahan.

Namun, penelitian sebelumnya menemukan bahwa salah satu hambatan terbesar untuk penggunaan pil KB pada pria, berasal dari sikap perempuan yang kerap kali tidak mempercayai pasangan mereka.

Profesor Bambang mengatakan, ia telah menolak tawaran miliaran rupiah dana dari sebuah perusahaan farmasi besar di Amerika Serikat, yang ingin membeli paten yang dimiliki oleh Universitas. Menurutnya, pil tersebut akan mulai dipasarkan pada 2016.

Banyak peneliti yang juga tengah mengembangkan terobosan obat KB baru untuk pria berbentuk pil. Sejauh ini, teknik yang digunakan untuk mencegah kehamilan pada pria adalah dengan vasektomi, yaitu operasi kecil untuk menutup saluran sperma agar tidak keluar saat pria berejakulasi. (OKEZONE)

Source: http://lifestyle.okezone.com/read/2014/12/08/481/1076379/peneliti-indonesia-berhasil-membuat-pil-kb-untuk-pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top