Home / Berita Utama / Duaanak Hadir di Pameran Puncak Harganas XXI

Duaanak Hadir di Pameran Puncak Harganas XXI

Kepala BKKBN Fasli Jalal dan istri berpose bersama pejabat eselon I BKKBN serta Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Siti Fathonah di stand pameran Jawa Barat. (DUAANAK CREATIVE LINE)

Kepala BKKBN Fasli Jalal dan istri berpose bersama pejabat eselon I BKKBN serta Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Siti Fathonah di stand pameran Jawa Barat. (DUAANAK CREATIVE LINE)

SURABAYA – DUAANAK.COM

 

Portal informasi kependudulan dan keluarga berencana DUAANAK.COM hadir di arena pameran puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXI tingkat nasional di Surabaya, Jawa Timur, 12-14 Juni 2014. Kali ini, DUAANAK.COM hadir bukan dalam bentuk berita hangat seputar program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK), melainkan hadir dengan sajian aneka produk kreatif.

 

Apa saja bentuknya? Setidaknya ada dua hal yang menjadi andalan. Pertama, kaos oblong dengan desain khusus berisi pesan tentang keluarga dan peringatan Harganas. Kedua, mug cantik dengan pesan yang sama dengan yang tertuang dalam kaos. Meski pesan-pesan yang diusung relatif standar, namun didesain dengan sentuhan khas kreativitas Bandung. Ada juga aneka pernik souvenir tentang DUAANAK.COM.

 

Ditemui di sela persiapan pameran di lapangan Markas Komando Daerah Militer (Makodam) V Brawijaya, Surabaya, Pemimpin Redaksi DUAANAK.COMNajip Hendra SPmenjelaskan, produk-produk yang dipamerkan merupakan buah racikan lini kreatif yang bergerak di luar redaksi. Selama pameran ini, lini kreatif DUAANAK.COM memamerkan empat desain yang hadir di atas material kaos dan mug. Dua pesan di antaranya berupa ucapan Selamat Hari Keluarga dan ilustrasi tentang simbol keluarga. Satu desain lainnya berupa ilustrasi akun-akun media sosial DUAANAK.COM.

 

“Untuk edisi perdana ini kami hadir dalam dua warna: hitam dan putih. Warna ini dipilih atas pertimbangan selera umum masyarakat, biar gak neko-neko. Sebagai nomor perkenalan, kami gak ingin bereksperimen terlalu jauh. Sementara ini ingin melihat respons pasar,” terang Najip.

 

Lebih jauh Najip menjelaskan, penerbitan kaos dan mug seri keluarga ini bukan semata-mata berorientasi bisnis. Lini kreatif DUAANAK.COM hadir untuk mengajak masyarakat lebih mengakrabi keluarga dan Harganas melalui pesan-pesan kreatif. Pesan-pesan tersebut diharapkan menjadi media alternatif dalam mengampanyekan program KKBPK kepada masyarakat.

 

“Selama ini masyarakat kurang mendapat pilihan dalam mengakses informasi program KKBPK. Iklan program KKBPK melalui media mainstream sangat jarang. Pun dengan berita KKBPK yang kalah gaung dari tema-tema politik atau ekonomi dan bahkan gosip. Nah, portal berita DUAANAK.COM menyasar mereka yang memang melek dengan teknologi informasi, sementara medium kaos dan mug dipilih untuk menyasar kalangan keluarga yang kurang akrab dengan berita. Mudah-mudahan kehadiran creative line ini saling melengkapi dengan portal berita itu sendiri,” papar Najip.

 

Pameran Interaktif

 

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Sub Bidang Advokasi dan KIE Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Elma Triyulianti menjelaskan, stand pameran Jawa Barat mencoba menyodorkan konsep berbeda. Pengunjung pameran tak hanya bisa melakukan transaksi, melainkan bisa terlibat dalam kegiatan pameran itu sendiri.

 

“Pengunjung stand Jawa Barat bisa ikut kontes foto selfie di arena photo boot DUAANAK.COM. Mereka bisa mengabadikan diri melalui ponsel dengan latar belakang foto Gedung Sate yang nota bene merupakan satu ikon Jawa Barat. Foto tersebut bisa dibagikan melalui jejaring sosial, baik Facebook atau Twitter,” terang Elma.

 

Foto selfie yang dibagikan, sambung Elma, bisa di-mention ke akun Twitter DUAANAK.COM pada @Dua_Anak. Sementara bagi mereka yang mem-posting melalui Facebook bisa me-mention akun Warta Kencana (facebook.com/wartakencana). Setiap pengunjung yang mention melalui Twitter maupum Facebook berhak mendapatkan hadiah menarik.

 

“Bukan hanya foto selfie, pengunjung juga bisa bercuit atau memposting seputar stand Jabar, baik tentang DUAANAK.COM maupun tentang produk kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS). Pokoknya tentang Jabar, dehh,” Elma mengakhiri. (ZDN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top