Home / Berita Utama / BKKBN-LAN Siapkan Bahan Ajar Kependudukan

BKKBN-LAN Siapkan Bahan Ajar Kependudukan

Bahan Ajar Kependudukan untuk SMA dan SMP yang dikembangkan BKKBD Kabupaten Sukabumi. Belum lama ini BKKBN dan LAN sepakat mengembangkan materi kependudukan untuk keperluan diklat ASN. (NAJIP HENDRA SP/DUAANAK.COM)

Bahan Ajar Kependudukan untuk SMA dan SMP yang dikembangkan BKKBD Kabupaten Sukabumi. Belum lama ini BKKBN dan LAN sepakat mengembangkan materi kependudukan untuk keperluan diklat ASN. (NAJIP HENDRA SP/DUAANAK.COM)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Upaya mendorong pembangunan berwawasan kependudukan menapaki jalan baru. Ke depan, peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) prajabatan dan Diklat Kepemimpinan Aparatur Sipil Negara (ASN) diproyeksikan mendapatkan materi kependudukan. Rencana ini muncul seiring disusunnya Bahan Ajar Kasus Berbasis Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Berdasarkan data LAN, peserta diklat-diklat prajabatan, diklat kepemimpinan tingkat IV, dan diklat kepemimpinan tingkat III  yang bisa menggunakan bahan ajar berbasis KKBPK sekitar 161.232 orang. BKKBN dianggap perlu menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan program KKBPK ke seluruh lembaga diklat.

“Melalui momentum ini diharapkan komitmen yang tinggi dari lembaga diklat kementrian/lembaga agar bisa memaksimalkan penggunaan bahan ajar kasus berbasis KKBPK untuk diklat prajabatan dan diklat kepemimpinan. Kami berharap melalui bahan ajar diklat dapat meningkatkan wawasan dan menumbuhkan sikap positif terhadap program KKBPK,” kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dalam siaran pers yang dipublikasikan portal resmi BKKBN.

Surya mencontohkan, salah satu materi dalam bahan ajar KKBPK adalah bonus demografi. Topik ini penting karena melalui proses diskusi diharapkan peserta diklat dapat menunjukkan sikap dan perilaku nasionalisme yang peduli terhadap program KB. Topik lainnya adalah kasus lansia di Indonesia. Topik ini penting agar para peserta diklat dapat menghubungkan isu kependudukan, khususnya penduduk lansia, sebagai wawasan kebangsaan dalam merancang kebijakan dan program pembangunan.

Kepala LAN Adi Suryanto mengatakan, LAN berkontribusi nyata dalam bekerjasama dalam mempersiapkan bahan pembelajaran kasus pada diklat kepemimpinan dan prajabatan yang berbasis KKBPK. “Saya meminta kepada para pimpinan lembaga diklat dan widyaiswara dapat menggunakan bahan pembelajaran pada kasus ini sebagai bahan diskusi agar permasalahan dan tantangan kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga dapat kita pecahkan bersama,” kata Adi.

Program KKBPK merupakan urusan pemerintah yang menjadi bagian dari kebijakan dan pelayanan publik. Untuk itu, Aparatur Sipil Negara perlu mengembangkan kapasitas dan wawasannya terkait dengan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. “Permasalahan seputar KKBPK menjadi bahan pembelajaran melalui studi kasus yang akan dibahas pada Diklat Prajabatan dan Diklat Kepemimpinan. Komitmen para penyelenggara mitra diklat sangat diharapkan dalam menyebarkan berbagai isu kependudukan dari sudut pandang kediklatan,” tambah Surya Chandra. Pertemuan nasional ini dihadiri 693 mitra lembaga diklat pemerintah.

Dalam pengembangan kompetensi pegawai ASN, peranan diklat, baik diklat teknis, diklat fungsional, diklat prajabatan maupun diklat kepemimpinan, sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang dinamika kependudukan di Indonesia.

Selain itu, dilaksanakan juga penandatanganan piagam kerjasama dan nota kesepahaman antara BKKBN dengan LAN tentang kerjasama pengembangan kajian kebijakan, pendidikan dan pelatihan, inovasi administrasi negara serta penyelenggaraan pendidikan tinggi. Jalinan kelembagaan antara BKKBN dan LAN dalam rangka pengembangan dan penyelenggaraan program kegiatan kajian kebijakan, pendidikan dan pelatihan, inovasi administrasi negara serta penyelenggaraan pendidikan tinggi semakin baik. (NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top