Home / Artikel / Penyuluhan KB Masuk Mata Kuliah di UIN SGD Bandung

Penyuluhan KB Masuk Mata Kuliah di UIN SGD Bandung

Aep Kusnawan (Ketua Jurusan BKI FDK UIN SGD Bandung)

Aep Kusnawan (Ketua Jurusan BKI FDK UIN SGD Bandung)

Oleh: Aep Kusnawan
Ketua Jurusan BKI FDK UIN SGD Bandung

Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat. Jurusan BKI berdiri pada 1993, dan telah melahirkan ratusan mendekati ribuan lulusan. Jurusan tersebut sebelumnya bernama Bimbingan Penyuluhan Agama Islam (BPAI), kemudian berubah menjadi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, serta terakhir berdasarkan PMA No. 36 Tahun 2009, diharuskan berubah lagi menjadi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI).

Sejak berdirinya, Jurusan BKI memiliki komitmen untuk menjadi jurusan yang unggul dan kompetitif. Salah satu upaya untuk itu, BKI menyajikan kurikulum yang dapat memembekali mahasiswa, aspek teoritik maupun praktik. Di samping juga memiliki kaitan antara kebutuhan pengembangan keilmuan dan juga menjawab tuntutan kebutuhan pengguna lulusan (user).

Sejak mengeluarkan alumni BKI telah melahirkan sejumlah lulusan yang terserap di berbagai lapangan kerja, di antaranya, penyuluh agama, guru BP/BK di sekolah, perawat rohani Islam di rumah sakit, petugas Bimtal di TNI/Polri, penyuluh antinarkoba, dan sejumlah lulusan terserap sebagai penyuluh keluarga berencana (KB) di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membidani program KB di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Dalam menyikapi dinamika yang terjadi, BKI telah mengalami sejumlah revisi kurikulum. Diawali kurikulum tahun 1994, kurikulum 1999, kurikulum 2004, kurikulum 2009, serta kini tengah mengkaji kembali revisi kurikulum 2014. Sejak revisi kurikulum 2009 lalu, Jurusan BKI telah memasukan salah satu nama mata kuliah Penyuluhan Keluarga Berencana. Mata kuliah tersebut, disajikan sebagai salah satu mata kuliah elektif (pilihan), yang disajikan pada semester VI.

Sesuai dengan penjelasan yang disampaikan dosen pengampu mata kuliah tersebut, Novi Hidayati Afsari, S.Kom.I, M.Ag, ternyata mata kuliah itu mendapatkan apresiasi yang baik dari mahasiswa. Sehingga, Jurusan BKI bertekad pada revisi kurikulum 2014 akan mempertahankan dan mengembangkannya sebagai mata kuliah core Jurusan BKI yang memperkuat keahlian mahasiswa di bidang penyuluhan, khususnya mengenai penyuluhan KB.

Selama ini mata kuliah Penyuluhan KB  membahas seputar konsep dasar penyuluhan KB, sejarah perkembangan program KB nasional, kependudukan dan perilaku hidup berwawasan kependudukan, program pokok KB, tugas penyuluh KB, peran dan tugas tenaga penggerak desa (TPD), program keluarga sejahtera dan pemberdayaan ekonomi, sistem informasi manajemen Program KB Nasional, Mutasi Data Keluarga (MDK), pelayanan KB, teknik advokasi dan KIE (komunikasi informasi, dan edukasi), pandangan Islam tentang program KB, Posdaya, dan kemitraan.

Adapun rujukan (referensi) mata kuliah Penyuluhan KB tersebut, di antaranya: BKKBN, Pendewasaan Usia Perkawinan dan Hak-hak Reproduksi bagi Remaja Indonesia, Bandung, 2009; BKKBN, Keterampilan Hidup (Life Skills), Bandung, 2010; BKKBN, Buku Pedoman Advokasi dan KIE Program KB, Jabar, 2006; BKKBN, Panduan Pengelolaan PIK-KRR, BKKBN Jabar, Bandung, 2008; BKKBN, Aplikasi Program Spektrum, BKKBN, Jakarta, 2011; BKKBN, Buku Sumber Pendidikan Kependudukan, BKKBN, Jakarta, 2011; BKKBN, Isu-isu Strategis dalam analisis Dampak Kependudukan terhadap aspek Sosial Ekonomi, BKKBN, 2011; BKKBN, Kamus Istilah Kependudukan dan Ekonomi, BKKBN, 2011; BKKBN, Keluarga Sejahtera dan Kesehatan Reproduksi dalam Pandangan Islam, BKKBN, 2011; BKKBN, Juknis Pendekatan Keluarga dan Aplikasi MDK , BKKBN, 2004; BKKBN, Materi Pembelajaran Pelatihan KIE dan Advokasi Bina Keluarga bagi Penyuluh KB, BKKBN, 2011; BKKBN, Modul Pelatihan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja Bagi Calon Konselor Sebaya, BKKBN, 2011; BKKBN, Panduan Kurikulum dan Modul Pelatihan Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja, BKKBN, 2011; BKKBN, Panduan Tenaga Penggerak Desa/Kelurahan, BKKBN, 2012; BKKBN, Panduan Materi Membantu Remaja Memahami Dirinya, BKKBN, 2010; BKKBN, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja , BKKBN, 2010; BKKBN, Teknik Penggerak Masyarakat, BKKBN, 2011; BKKBN, Subsistem advokasi dan KIE Program KB Nasional , BKKBN, 2011; KKB, Panduan Pengelolaan PIK-Mahasiswa, Jakarta, 2010; Isep Zenal Arifin, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Rajawali, Jakarta, 2009; Aep Kusnawan, Manajemen Pelatihan Dakwah, Rineka Cipta, Jakarta, 2009; Aunur Rohim Faqih, Bimbingan dan Konseling Islam, UII, Yogyakarta, 2004; Saidi Rusli, Pengantar Ilmu Kependudukan, LP3ES, Jakarta; Soeroso Dasar, Indonesia Masalah Sosial Terus Bertindih, Iqra, Bandung, 1983; Soleh Sozaidy, Dasar Hukum Perlindungan Anak, Novindo Pustaka Mandiri, Jakarta, 2001; Aida Vitayala dkk. (Ed.). Penyuluhan Pembangunan di Indonesia. Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, Jakaera, 1995; Bintarto, Urbanisasi dan Permasalahannya, Ghalia Indonesia, Bogor, 1987, dan lain-lain.

Tujuan disajikannya mata kuliah adalah untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan kepada mahasiswa tentang konsep dasar penyuluhan KB dalam perspektif Islam, sehingga mahasiswa dapat menerapkan dan mempraktikkan penyuluhan KB dalam konteks bimbingan dan penyuluhan Islam.

Penyajian MK Penyuluhan KB juga merupakan upaya jurusan BKI dalam turut serta mensosialisasikan program pemerintah, terkait dengan KB kepada para mahasiswa. Sebagaimana dimaklumi bahwa mahasiswa, di samping merupakan generasi muda, juga kelak diharapkan mereka menjadi para penyuluh aktif, menyampaikan pesan KB ke tengah masyarakat.

Ibarat gayung bersambut, penyajian MK itu kemudian diperkuat dengan ditandatangani MOU antara jurusan BKI dengan BKKBN Jawa Barat pada tahun 2011. MOU yang dibuat, menjadi payung untuk terbinanya hubungan antara Jurusan BKI dengan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Salah satu, pengembangannya adalah dengan bendirinya Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMA) sebagai wahana kreativitas mahasiswa, pegiat penyuluhan KB di luar perkuliahan.

Pada tahun 2012 PIKMA sempat mendapatkan kunjungan dari BKKBN Pusat, yang kemudian menganugerahkan predikat Center of Exellence Jawa Barat untuk lembaga fungsional BKI,  PIKMA FIDKOM, UIN Bandung tersebut. Sejumlah acara pelatihan dan pembinaan yang diselenggarakan BKKBN Jawa Barat kerap melibatkan mahasiswa BKI. Bahkan, pada 2012 sempat juga BKKBN mengajak keterlibatan Pembina PIKMA yang juga ketua Jurusan BKI untuk melakukan Studi Banding ke BKKBN Provinsi Jawa Timur, pengelolaan PIKMA ke Tuban, dan pengelolaan PIKR ke Trenggalek Jawa Timur. Di samping terlibat juga pada kegiatan bersama, seperti seminar kependudukan dan kegiatan lainnya.

Mulai 2011, PIKMA PIDKOM menorehkan berbagai prestasi, pada ajang kumpul remaja Nasional ia menjadi Juara 1 Lomba Kampanye Program KB; Juara 2 Lomba Pentas Seni, Yel-yel terbaik antar provinsi. Prestasi lain di Bidang KB, mahasiswa BKI juga pernah menjadi Finalis Duta Mahasiswa KB Jawa Barat tahun 2012. Pada tahun 2014, tepatnya bulan April lalu, PIKMA UIN Bandung ini,  memperoleh predikan Juara II  Pikma Tegar Tingkat Jawa Barat.

Nampaknya, penyajian mata kuliah Penyuluhan KB, selain telah membangkitkan semangat mahasiswa untuk memperdalam kajian tentang penyuluhan KB, juga menjadi jembatan hubungan kemitraan antara akademisi dengan praktisi. Antara Jurusan BKI dengan BKKBN, mulai dari BPPKB Kota Bandung, BKKBN Provinsi Jawa Barat, hingga BKKBN Pusat. Tak pelak lagi jika menurut informasi dari BKKBN, mereka kesulitan untuk memasukan program KB ke perguruan tinggi, maka Jurusan BKI FDK UIN Bandung telah lebih dulu mengawalinya. Di Jurusan BKI, kegiatan pengembangan program KB tak hanya sebagai kegiatan ekstrakurikuler, melainkan sudah masuk menjadi salah satu mata kuliah yang diminati mahasiswanya.

Dengan langkah demikian, terbetik harapan, program KB yang dicanangkan pemerintah sedikitnya dapat terbantu sosialisasinya oleh Jurusan BKI, khususnya pada mahasiswa binaannya. Tentu saja, Program KB dalam perspektif Bimbingan dan Konseling Islam. Selanjutnya, jika dikemudian hari BKKBN membutuhkan tambahan SDM, penyuluh KB, nampaknya tidak perlu kesulitan lagi mencari SDM yang telah terdidik dengan mata kuliah Penyuluhan KB. Sehingga jika ada formasi pengangkatan di BKKBN, alumni Jurusan BKI FDK UIN Bandung, kiranya wajar jika mendapatkan peluang tersebut.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top